Screenshot_13

Mobil mati mendadak di dalam jalan, momok buat beberapa orang, terlebih yang tidak memahami dengan ”permesinan” kendaraan. Usaha darurat, kontak bengkel berlangganan atau memakai service road service dari agen pemegang merk.

Namun buat pengetahuan, tak ada kelirunya untuk membekali pikiran kita, masalah beberapa aspek penyebabnya mobil mati mendadak. Rusdi Sopandi, Manajer Mekanik misterbrum. id, pada KompasOtomotif, (11/9/2017), menerangkan beberapa hal masalah persoalan yang seringkali berlangsung itu.

Dia katakan kalau pemicunya memanglah mesti diuraikan satu-persatu, dari mulai check hal yang paling enteng, hingga titik peluang terberat bila dibutuhkan. ”Menganalisanya memanglah mesti diurut satu-persatu, terlebih mengecek sistem yang buat mesin beroperasi, ” kata Rusdi.

Di bawah ini beberapa langkah yang perlu dipahami :

1. Check sekering (fuse), kabel-kabel, serta relay. Apabila satu diantara sekering putus, peluang ada komponen yg tidak berperan dengan baik, terlebih yang tersambung dengan sekering itu. Umpamanya, pompa bensin tidak bekerja dengan baik. Hal semacam ini dapat memengaruhi relay atau sekering.

”Kabel-kabel juga diliat, umpamanya kabel yang buat fuel pump bekerja, dapat putus atau tidak tersambung. Lantas, check juga Sensor Crankshaft Position (CKP), apakah masih tetap berperan atau tidak.

2. Check sistem pengapian. Analisis koil, apakah masih tetap bekerja dengan baik atau tidak, atau mungkin saja lemah. Lagi-lagi, saksikan kembali sekering, (10 ampere) untuk mesin, putus atau tidak. Ini punya pengaruh pada kemampuan koil.

3. Check injektor serta selang-selang bahan bakar. Saat injektor tidak bekerja dengan baik untuk menyemprotkan bensin, mesin di pastikan ngadat.

4. Check sistem konsumsi udara. Komponen yang terkait segera dengan udara seperti air cleaner, boks air cleaner, sensor Idlle Speed Control (ISC). Bila ada problem pada komponen ini, konsumsi udara ke mesin tidak juga akan prima.

5. Check kompresi. Ini yaitu sisi yang paling panjang serta berat, karna berkaitan dengan semuanya sisi mesin. Saat desakan kompresi menyusut, mesin juga akan sulit hidup, atau mati mendadak. ”Kalau ini mungkin turun mesin bila kompresi tak ada, ” kata Rusdi.

Satu hal masalah sekering, Rusdi menerangkan kalau upayakan menggunakan sekering dengan kwalitas baik. Banyak di jual sekering murah, asal tersambung, tetapi sering komponen ini meleleh (kepalanya) karna panas berlebihan. Akhirnya, kemampuannya tidak prima serta punya potensi korsleting.

Overheat atau mesin sangat panas (tanda suhu menyala atau jarum hingga mentok), yaitu keadaan spesial. Mesin dapat juga mati mendadak bila hal semacam ini berlangsung.

Yuk cek produk kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek yuk kendaraan masa depan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek juga kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Baca juga artikel kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Klik Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel untuk kendaraan masa depan !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *