Screenshot_13Sayur serta buah adalah makanan yang harus masuk dalam menu harian Anda. Jumlah sayur serta buah yang disarankan untuk dikonsumsi orang dewasa yaitu 400-600 gr /harinya. Dari jumlah itu, 2/3 terbagi dalam sayur serta 1/3 nya ialah buah.

Bila dianalogikan, dalam satu hari Anda dianjurkan konsumsi 2, 5 jumlah sayur (atau sama dengan 250 gr) serta 3 potong buah (umpamanya 3 buah pisang ambon ukuran tengah, atau 3 buah jeruk memiliki ukuran tengah)

Apa aspek yang memastikan saat paling baik untuk makan buah serta sayur? Kerja system pencernaan kita dalam mengolah makanan adalah satu diantara penentu kapan kita mesti makan buah serta sayur.

Buah-buahan sebagian besar terbagi dalam gula buah yakni fruktosa. Mulai sejak gigitan pertama, mulut juga akan hasilkan enzim yang bekerja untuk memecah karbohidrat jadi komponen yang lebih gampang diolah.

Setelah itu kerja enzim pemecah karbohidrat di perut berhenti karna lingkungannya yang berbentuk sangat asam. Sistem ini juga akan berlanjut sekali lagi di usus halus untuk hasilkan komponen karbohidrat yang lebih simpel hingga bisa diserap oleh badan.

Sesungguhnya, fruktosa yang terdapat dalam buah sendiri telah termasuk karbohidrat simpel. Lantas apakah karna telah berupa simpel jadi buah lebih cepat diolah di banding makanan beda? Belum juga pasti, karna masih tetap ada komponen beda dalam buah yakni serat, yang bisa perlambat sistem pencernaan.

Berlainan sekali lagi dengan sayuran. Sayuran mempunyai kandungan gizi yang lebih beragam macam bila dibanding dengan buah, karna ada karbohidrat, protein, dan lemak pada sayuran yang Anda makan.

Semasing zat gizi melakukan sistem yang berlainan dengan enzim-enzim yang berlainan juga. Dengan lebih beragamnya type zat gizi dan jumlah serat yang semakin banyak, sayur mempunyai saat cerna yang lebih lama bila dibanding dengan buah.

Jadi kapan saat paling baik untuk konsumsi sayur buah? Jawabannya yaitu setiap saat. Anda mungkin saja umum konsumsi sayur buah berbarengan dengan saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Hal semacam ini boleh-boleh saja sepanjang Anda bisa penuhi keperluan sayur buah harian Anda.

Contoh memakan buah
Contoh memakan buah (GeorgeRudy)
Kapan baiknya mesti waspada waktu makan buah serta sayur?

Bila lihat langkah sayur buah diolah, terdapat banyak kondisi dimana Anda mungkin saja mesti memperhitungkan kembali sebelumnya mengambil keputusan untuk makan sayur serta buah.

1. Sebelumnya berolahraga

Anda mungkin saja menginginkan konsumsi semakin banyak sayur serta buah terlebih bila tengah berdiet. Tetapi bila Anda akan olahraga, Anda tidak dianjurkan untuk konsumsi sayur atau buah yang tinggi serat. Karna, serat lama diolah serta dapat menyebabkan problem pencernaan bila Anda olahraga dengan perut yang masih tetap terisi. Berikan jeda lebih kurang 2-3 jam sesudah makan baru Anda dapat mulai olahraga.

Bila Anda menginginkan sajian fresh sebelumnya mulai olahraga, Anda dapat coba buah-buahan yang rendah serat seperti pisang, atau buat kombinasi sayur buah favorite Anda jadi smoothies supaya lebih gampang diolah.

2. Sebelumnya tidur

Konsumsi seporsi salad buah lengkap dengan dressing mungkin saja jadi makanan ringan Anda sebelumnya tidur. Tetapi hal semacam ini tidak dianjurkan, karna begitu badan kita juga akan bekerja hasilkan insulin untuk melindungi stabilitas gula darah yang naik sesudah konsumsi karbohidrat.

Naiknya insulin juga akan turunkan hormon melatonin, yakni hormon perlu yang bekerja saat kita akan tidur. Yakinkan Anda makan paling tidak 3 jam sebelumnya saat tidur supaya badan Anda bisa beristirahat dengan maksimum.

3. Saat diare

Walau sayur serta buah baik untuk kesehatan, namun mengkonsumsinya saat Anda tengah diare bisa jadi parah frekwensi buang air besar. Serat yang ada pada sayur buah menolong pencernaan jadi lebih lancar. Hal semacam ini pasti untungkan bila Anda tengah dalam keadaan sehat, tetapi mungkin saja Anda menginginkan hindari hal itu saat tengah diare.

Bukanlah bermakna Anda tidak bisa makan sayur serta buah, Anda dapat pilih type sayur buah yang kandungan seratnya termasuk rendah jadi alternatif.

Beragam mitos mengenai saat yang pas untuk makan buah

Di bawah ini sebagian mitos berkaitan saat yang pas untuk makan buah.

1. “Tidak bisa makan buah pada pagi hari waktu perut kosong”

Hal itu bisa saja dikerjakan. Sarapan bisa dimisalkan ‘buka puasa’ sesudah lebih kurang 8 jam tidak makan apa pun. Kandungan karbohidrat simpel dalam buah bisa menolong Anda peroleh daya Anda kembali.

Tetapi, sarapan yang baik menurut saran Kementerian Kesehatan terbagi dalam karbohidrat, protein, serta lemak dengan jumlah yang seimbang. Hingga, bila Anda cuma makan buah saja untuk sarapan, Anda mungkin saja juga akan cepat kembali terasa lapar.

2. “Jika cuma makan buah saja, badan semakin lebih konsentrasi untuk mengolah zat gizinya”

Badan kita bekerja dengan unik, saat makanan masuk ke system pencernaan, enzim yang dilepaskan juga akan sesuai sama type zat gizi yang akan diolah. Jadi system pencernaan kita telah didesain untuk mengolah beragam type zat gizi dalam satu saat karna tak ada satu type makanan yang cuma memiliki kandungan satu zat gizi saja.

3. “Mengonsumsi buah berbarengan dengan makanan beda juga akan buat perut kembung”

Dekomposisi yaitu sistem penguraian yang berlangsung karna ada kerja bakteri. Ketika makanan masuk ke perut kita, tak ada enzim serta bakteri yang bisa bekerja karna lingkungannya yang berbentuk asam, hingga kurang pas bila disebutkan buah bisa terurai terlebih dulu serta gasnya bisa mengakibatkan kembung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *