Screenshot_74

Untuk peminat budaya Indonesia, tak ada kelirunya menyisihkan saat melihat Tari Saman di tanah kelahirannya yakni Kabupaten Gayo Lues. Satu kabupaten di dalam perbukitan lebat di Aceh Tengah yang ada di cekungan lembah.

Terkecuali keindahan alam, Kabupaten Gayo Lues dikenal juga dengan harum Kopi Arabika serta Robusta. Kekayaan ini makin komplit dengan atraksi Tari Saman yang melegenda. Nyaris kebanyakan orang tentu mengagumi akan melihat tari cepat dengan memercayakan gerakan tangan serta tubuh ini.

Noor Aini Rachmawati sebagai Public Relation and Advertising Ezytravel. co. id menerangkan melihat segera Tari Saman dari tanah kelahirannya pasti mendatangkan sensasi sendiri. Anda bisa melihat segera atraksi kolosal Tari Saman 10. 001 pada 13 Agustus 2017 di Stadion Seribu Bukit, Gayo Lues. Ini adalah moment pariwisata Aceh yang bakal mendatangkan 10. 001 penari lintas umur, semakin banyak dari th. lantas yang menghadirkan 5. 000 penari saman.

Bila merencanakan keliling Aceh bisa memasukkan agenda Tari Saman 10. 001 dalam daftar wisata. Menuju Gayo Lues termasuk gampang, ada pilihan transportasi darat atau hawa dengan pesawat perintis yang bakal mendarat di Bandara Rembele, Gayo Lues. Bila menginginkan nikmati keindahan alam di lokasi pegunungan, bisa memakai jalur darat. Bila bergerak dari Banda Aceh bisa memakai kendaraan L300 dari Terminal Lueng Bata, tarifnya lumayan murah sekitaran Rp 200 ribu per orang.

Saat tempuh menuju Gayo Lues sekitaran 12 jam perjalanan darat dari Banda Aceh, tetapi akan tidak jemu dengan nikmati keindahan alam yang mengagumkan sepanjang perjalanan. Hawa pegunungan yang fresh, jejeran Rimba Pinus yang menjulang, atau rasakan rimba lebat serta pekat. Ditanggung akan tidak jemu dalam perjalanan.

Hal Di perhatikan Sepanjang Perjalanan
Jalur darat menuju Gayo Lues lumayan berlebihan, jalan yang bakal dilakui berputar mengelilingi gunung sampai empat jam lamanya serta rupa jalur itu seperti lingkaran obat nyamuk bakar. Tetapi tak perlu takut, jalan menuju Gayo Lues lumayan mulus serta lancar. Jalannya sudah diaspal baik serta tidak sering sekali didapati lubang dalam perjalanan. Yang pantas diwaspadai yaitu longsoran tebing, hal semacam ini dapat diakali dengan tak melewati lokasi ini waktu hujan lebat. Waktu pergi ke Gayo Lues jauhi perjalanan malam tiba lantaran jarak pandang jadi pendek akibat kabut turun.

Waktu Tiba di Gayo Lues
Blangkejeren yaitu pusat kota Kabupaten Gayo Lues. Kabupaten ini dibuat pada th. 2002 hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tenggara. Pembangunan di Gayo Lues belum optimal, kota ini masihlah tampak simpel. Walaupun seperti itu, terdapat beberapa penginapan di beberapa pojok kota. Sebagian hotel yang ada seperti Hotel Mulia atau Hotel Nusa Indah. Hotel ini ada di pusat kota hingga mempermudah untuk beli keperluan keseharian.

sumber : REPUBLIKA. CO. ID,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *