Istilah startup diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah sebuah rintisan usaha yang baru. Menurut neil blumental, co- founder dan co- ceo dari warby parker, “perusahaan bisnis startup bekerja dengan memecahkan suatu permasalahan”.

Dengan menggunakan ide-ide yang kreatif, startup menyelesaikan masalah kliennya secara khusus dan masyarakat secara umum. Terobosan-terobosan revolusioner yang dilakukan startup membawa pengaruh yang dahsyat di masyarakat.

Gambaran contohnya seperti facebook. Facebook adalah startup pada tahun 2004 hingga saat ini yang dibuat oleh seorang mahasiswa dari Harvard  yang bernama Mark Zuckenberg. Awalnya Facebook hanya ngetren di kalangan kampusnya saja, tetapi seiring berjalannya waktu facebook makin tren di kalangan kampus-kampus Amerika. Hingga akhirnya menyebar ke kalangan masyarakat umum. Startup sederhana ini pun akhirnya didanai oleh investor dan jadi perusahaan teknologi raksasa.

Rintisan startup lainnya yang mendunia dan menjadi inovasi yang memecahkan suatu permasalahan serta kebutuhan masyarakat yaitu instagram. Sebuah media sosial yang befokus pada media foto yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Ada juga WhatsAapp yang merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan praktis yang menggusur fungsi seperti SMS. Startup ini dirintis oleh mantan karyawan Yahoo yang bernama Brian Action dan Jan Koum. Selain Negara-negara lain, Indonesia pun bisa membuat startup lokal. Indonesia dapat digolongkan dalam kelompok, yaitu pencipta game, pencipta aplikasi edukasi, serta e-commerce dan informasi.

Anda tertarik untuk membangun bisnis startup? Dengan semakin berkembangnya teknologi, industri kreatif pun terus berkembang dengan pesat. Hal ini membuat para pengusaha konvensional harus pintar-pintar menentukan strategi bisnisna jika tidak ingin tertinggal. Lantas, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat bisnis startup? Berikut langkah-langkahnya.

Bangun Startup untuk Memecahkan Masalah

Buatlah startp yang berawal dari sebuah pemecahan masalah, dan dapat membantu banyak orang. Misalnya startup dengan produk aplikasi yang dapat menyimpan data-data orang yang terkena bencana. Hal ini dapat mempermudah pemerintah atau pihak lain dalam menyalurkan bantuan.

Bentuk Tim yang Dapat Saling Melengkapi

Pembentukan tim yang solid sangat penting dalam suatu organisasi atau perusahaan termasuk bisnis startup. Bentulah tim yang sapat melengkapi satu sama lain. Tim yang dapat saling melengkapi akan dapat mewujudkan apapun yang menjadi tujuan. Percuma saja jika produk yang dibuat berkualitas namun tim yang menjalankannya sangat buruk. Tujuan organisasi pasti aan sulit dicapai.

Fondasi Budaya Perusahaan

Sebuah perusahaan yang besar akan memiliki sebuah nilai yang harus dimiliki oleh seluruh elemen. Facebook, misalnya yang memiliki nilai “Move fast and break things” atau Google dengan nilai “Don’t be evil”-nya yang mengajarkan setiap karyawan untuk tidak tamak dan memikirkan keuntungan saja, namun lebih focus pada kebutuhan orang banyak.

Fondasi budaya yang kuat akan mengarahkan pada penempatan posisi serta branding yang lebih baik. Hal ini tentu harus ditentukan sejak awal didirikannya startup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *