Screenshot_10

Jakarta – Sekian waktu paling akhir, group Yamaha Scorpio di Facebook di ramaikan oleh keluhan masalah alat yang diklaim dapat merubah arus AC jadi DC (kiprok) tanpa ada mengotak atik spul. Banyak yang telah memakainya.

Alat ini diberi nama Blue Box, serta di produksi oleh bengkel spesialis Yamaha Scorpio, L12, yang terdapat di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Biasanya, untuk merubah arus AC ke DC, yang perlu dikerjakan cukup rumit. Umpamanya mencopot sebagian kabel pada soket dari spul untuk tidak diaktifkan. Sesaat alat ini tinggal dipasang menukar kiprok standard serta sedikit merubah jalur lampu.

Alat ini lalu banyak bikin pemakainya kecewa. Pasalnya, sebagian pemakai malah alami permasalahan sesudah menempatkan alat ini, mulai dari sepul jadi jebol, aki juga jebol, bahkan juga kabel body serta lampu headlamp terbakar.

Rudi Suhendra, yang memiliki bengkel sekalian pembuat blue box, lalu lakukan klarifikasi pada Liputan6. com dengan menerangkan langkah kerja alat mereka.

Menurut Rudi, prinsip kerja blue box hingga dapat merubah AC jadi DC fullwave tanpa ada mengotak-atik spul yaitu dengan langkah memakai (menjumlahkan) semuanya sumber arus listrik dari spul (spul 1 serta spul 2, gambar diatas).

Menurut dia, arus listrik hasil spul itu semakin lebih besar daripada kiprok original. Tetapi batas tegangannya tentu sekira 15 Vdc, atau lebih kurang sama dari yang dibuat kiprok Honda Tiger (14, 8 Vdc).

” Dengan tegangan sebesar itu, aman untuk lampu. Akan tidak bikin lampu putus serta aki tak overcharge, ” terangnya lewat e-mail.

Akan tetapi, seperti diterangkan lewat diagram diatas, hasil kerja kiprok mereka bergantung pada keadaan spul sebagai sumber arus. Apabila spul memanglah telah lemah, jadi arus keluaran dari kiprok blue box akan kecil.

Masalah permasalahan yang dihadapi banyak pemakai, menurut Rudi, bukanlah dikarenakan oleh kiprok buatan mereka. Masalahnya dapat dari spul yang memanglah lemah, atau ada juga kabel korslet, kendur, atau malah sangat kencang.

Untuk di ketahui, system kelistrikan AC tergantung pada spul yang digerakkan poros engkol mesin, atau mudahnya ia ikuti putaran mesin, sesaat arus DC segera dibebankan pada aki. Pada motor, ciri paling terang system AC yaitu lampu paling utama bakal makin jelas bersamaan dengan putaran engine yang meninggi.

sumber : Liputan6. com,

Yuk cek produk kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek yuk kendaraan masa depan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek juga kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Baca juga artikel kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Klik Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel untuk kendaraan masa depan !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *